Categories
Uncategorized

Ini Dia Perbedaan Antara Genset Diesel dan Genset Bensin

             Genset merupakan singkatan dari genrator set, merupakan penyelamat di kala listrik padam. Penggunaan genset sebagai cadangan daya listrik ini banyak juga dilakukan para pelaku bisnis seperti restoran, perhotelan, perusahaan bahkan rumah sakit. Bukan hanya di waktu pemadaman listrik saja, genset menjadi benda yang sangat diperlukan ketika terjadi suatu bencana alam yang menyebabkan pasokan listrik terpadam seperti banjir, angin puting beliung dan gempa bumi. Walaupun sering digunakan pada saat darurat saja namun dengan adanya genset keadaan darurat dapat dapat terselesaikan. Itulah mengapa meskipun sekarang pasokan listrik sudah menggunakan PLN namun genset masih banyak diminati.

Mesin yang satu ini memiliki beberapa macam varian berdasarkan jenis bahan bakar minyak yang digunakan. Ada genset diesel terbaik yang menggunakan bahan bakar solar dan genset yang berban bakar bersin. Kedua jenis genset ini juga memiliki perbedaan performa. Berikut ini disajikan perbedaan antara genset yang menggunakan solar dan genset yang menggunakan bensin.

  • Genset Diesel

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa genset ini menggunakan bahan bakar solar. Mesin ini akan mengkonveksi solar menjadi energi mekali yang digunakan untuk proses pembakaran. Untuk mulai melakukan pembakaran mesin diesel memanfaatkan udara yang dikompresi. Umumnya genset diesel mempunyai dua sampai enam belas silinder  tergantung tipenya. Pada mesin diesel ini tidak ada campuran antara udara dan bahan bakar diluar silinder. Kelebihan dari gensel ini adalah memilki torsi yang besar dibanding genset bensin, efisiensi bahan bakarnya tinggi, tahan banting, perawatanya mudah, bahan bakarnya murah dan dapat diguanakan pada kapasitas yang tinggi. Namun genset ini memiliki beberapa kekurangan yaitu suaranya bising, lebih mahal dan berat serta gas pembuanganya lebih banyak

  • Genset Bensin

Cara kerja genset ini diawali dengan pembakaran yang tersuplai listrik tegangan tinggi. Listrik tegangan tinggi inilah yang akan memicu terbentuknya kembang api diantara celah busi genset sehingga genset dapat memulai proses pembakaran gas. Kelebihan dari genset yang satu ini adalah tingkat kebisinganya lebih rendah dari diesel, memilki performa yang besar serta harganya yang relatif murah. Dibalik beberapa kelebihan tersebut genset ini juga memilki beberapa kekurangan yaitu lebih boros bahan bakar, lebih cepat panas mesinnya, perawatannya susah dan tidak memadai digunakan untuk kapasitas besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *