Penempatan Ruang Genset

Tanpa harus membeli genset silent yang terbilang mahal anda juga dapat membuat ruang genset khusus untuk meredam suara.
Pemilihan ruang genset yang benar akan memberikan keamanan dan menghindari terjadinya kecelakaan kerja atau menimbulkan kondisi yang kurang nyaman bagi lingkungan sekitar. Berikut beberapa tips yang bisa Anda praktikkan dalam menempatkan atau memilih ruang genset yang benar:

1.Tempatkan genset di luar ruangan dengan tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik baik ventilasi atau pun dengan exhaust untuk membuang hasil output atau hasil pembuangannya. Jika kondisi sirkulasi udara tidak baik, maka bisa menyebabkan Anda atau orang lain menghirup racun karbondioksida dan membahayakan kesehatan bahkan nyawa.

2.Tempatkan genset di dalam kerangka besi untuk meminimalisir terjadinya pencurian pada genset dan juga menghindari dari terkena benturan.

3.Letakkan genset di tempat yang jauh dari sumber api agar tidak terjadi ken dan jauh dari jangkauan anak-anak yang sering bermain agar tidak membahayakan mereka.

4.Memilih ruang genset yang tertutup dapat menjaga dan menghindari mesin genset terkena sinar matahari secara langsung dan hujan untuk mencegah terjadinya karat pada kanopi genset.

5.Jika Anda ingin menggunakan mesin genset untuk mengangkat atau menyedot air di dalam tanah, maka pilihlah tempat yang merupakan jalan aliran air dengan arus aliran air yang lebih tinggi atau airnya dangkal agar ketika musim kemarau masih mudah untuk disedot.

6.Jika genset digunakan pada tempat yang berbeda-beda, maka sebaiknya Anda menempatkannya di trailer. Trailer berfungsi untuk memindahkan genset yang memiliki massa yang berat dan dimensi yang cukup besar.

7.Jika lokasi penempatan genset sangat berdekatan dengan rumah Anda, maka tempatkan genset di ruang yang dapat meminimalisir suara yang dihasilkan agar tidak menganggu Anda dan orang lain di sekitar dari suara bising saat genset dioperasikan. Atau hal lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memilih genset dengan jenis silent untuk menurunkan tingkat kebisingan secara signifikan.

8.Apabila ruang genset yang Anda miliki adalah ruang bawah tanah, maka Anda tetap perlu memperhatikan segi sirkulasi udara, karena ruangan bawah tanah sangat minim oksigen yang dapat menyebabkan engine genset menjadi panas dan padam. Pastikan ruangan genset di bawah tanah memiliki spare tempat agar memudahkan teknisi untuk melakukan maintenance atau pernaikan jika genset mengalami masalah

Itulah beberapa tips yang dapat anda ketahui bagaimana memilih ruang genset yang tepat dan aman untuk anda buat di rumah anda sendiri karena keamanan akan menjadi prioritas utama dalam hal yang bersangkutan dengan listrik agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak anda inginkan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*