Tangki Solar Rusak? Kenali Berbagai Penyebabnya

Memiliki masalah pada tangki solar kendaraan memanglah hal yang biasa terjadi seiring dengan berjalannya waktu dan durasi penggunaan kendaraan. Biasanya masalah tersebut bisa terjadi karena kurangnya perawatan dari sang pemilik kendaraan terhadap performa kendaraan. Meskipun begitu, tangki solar yang rusak bisa saja disebabkan oleh berbagai hal. Berikut adalah bebepa penyebab tangki bahan bakar kendaraan mu rusak.

  1. Adanya Endapat Sulfur

Faktor yang sering menjadi penyebab rusaknya tangki solar adalah adanya endapan sulfur. Selain menyebabkan karat, endapan sulfur tersebut akan terhisap masuk ke dalam pompa bahan bakar sehingga menyebabkan gangguan pada proses pemompaan dan membuat kerusakan.

 

  1. Adanya Endapan Kotoran

Hampir sama dengan endapan sulfur, endapan kotoran juga dapat menyebabkan karan dan membuat sumbatan pada proses pemompaan bahan bakar. Endapan kotoran ini biasanya terjadi jika kamu menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang rendah.

 

  1. Adanya Endapan Air

Selain kedua endapan di atas, rupanya endapan air juga menjadi salah satu penyebab tangki solar kendaraan mu rusak. Ketika endapan yang tercipta bercampur dari air yang berada di dalam tangki, hal ini akan merusak proses yang terjadi di dalam tangki. Bagi kamu yang penasaran kenapa bisa tercipta endapan air di dalam tangki, air tersebut tercipta dari proses kondensasi udara.

 

  1. Adanya Korosi

Ketika endapan baik itu kotoran, sulfur atau bahkan air berkumpul di dasar tangki solar kendaraan kamu, maka lama kelamaan hal tersebut akan membuat dinding tangki tersebut mengalami korosi. Apabila korosi atau karat ini dibiarkan, maka lama kelamaan tangki solar akan mengalami kebocoran. Kebocoran ini yang nantinya akan membuat tangki menjadi kosong dan membuat mesin kendaraan kamu perlahan-lahan rusak sehingga akah butuh biaya besar jika dilakukan perawatan.

Itulah beberapa penyebab kerusakan pada tangki solar. Perhatikan hal-hal tersebut agar tangki kendaraan kamu tidak mengalami kebocoran dan kerusakan. Kamu tentu tidak mau kendaraan kesayangan kamu harus mengalami service besar-besaran akibat kelalaian kamu dalam merawat tangki. Meskipun terdengar sepele, namun perawatan tangki tetap harus kamu lakukan dan perhatikan akar performa dan kondisi kendaraan kamu tetap baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *